Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Buah Semangka

Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Buah Semangka
Sampul: Couleur / Pixabay
BorneoTribun Jakarta - Artikel kali ini membahas tentang buah semangka. Apakah manfaat dan bahayanya mengonsumsi buah semangka. 

Tim BorneoTribun mengukit dari Lifehacker, bahwa ada bebarapa poin perlu diketahui oleh kalian, manfaat dan bahaya mengonsumsi buah semangka.

Apa semangka bermanfaat dan kapan itu berbahaya, Simak informasi tentang 9 Manfaat dan 3 Bahaya Mengonsumsi Buah Semangka?

Sepintas, semangka adalah air padat dengan gula. Cairannya hingga 92% bubur semangka, dan nilai gizinya hampir 90% mayoritas karbohidrat manis.

Namun selain itu, semangka memiliki banyak kandungan vitamin C, potasium, magnesium, zat besi, fosfor, vitamin B, dan karotenoid (prekursor vitamin A). 

Apakah semangka bermanfaat?

1. Semangka akan memberi Anda kelembapan yang diperlukan

Orang dewasa harus minum 2,7 hingga 3,7 liter setiap hari cairan. Hal ini diperlukan untuk fungsi normal tubuh. Dan semangka adalah alternatif yang bagus untuk konsumsi air biasa. Jadi, 3-5 irisan semangka akan memberi Anda hingga 1 liter cairan, dan ini adalah pencegahan dehidrasi yang efektif.

2. Anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah

Semangka adalah buah beri yang sangat rendah kalori: total tiga puluh kkal per 100 g Ini hampir sama dengan kefir bebas lemak. Namun, dengan kandungan kalori yang begitu rendah, semangka mudah untuk dimakan.

Ada dua alasan: kandungan air yang tinggi, serta serat , yang ditemukan di semua makanan nabati. Serat makanan ini tidak dicerna di usus, tetapi, menyerap cairan, meningkatkan volume dan menciptakan rasa kenyang untuk waktu yang lama.

3. Anda akan mendapatkan banyak antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu tubuh mengatasi stres oksidatif, proses kerusakan sel dan penghancuran oleh radikal bebas. Ini mempengaruhi sel-sel kulit, otak, jantung, dan organ dalam lainnya. 

Ilmuwan secara langsung mengikat dengan penuaan yang dipercepat, demensia dini dan gangguan otak lainnya, peningkatan risiko serangan jantung dan stroke, serta perkembangan penyakit autoimun dan onkologis.

Secara umum, stres oksidatif itu buruk, dan semangka adalah buah beri yang membantu mengekangnya. Itu mengandung banyak antioksidan: vitamin C, karotenoid (alfa dan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh), dan likopen (sejenis karotenoid yang tidak diubah menjadi vitamin A).

Pantas mendapat perhatian khusus likopen- antioksidan kuat yang memberi warna merah pada buah semangka. Di dalam semangka terdapat jenis herbal merah lainnya. Bahkan tomat kalah darinya.

4. Semangka meningkatkan kesehatan jantung

Bonus semacam itu disediakan oleh likopen yang sama: itu mengurangi tingkat kolesterol "jahat" dan mengurangi ketebalan dinding pembuluh darah. Dan ini adalah pencegahan yang efektif dari serangan jantung.

Vitamin dan mineral lain yang ditemukan dalam semangka juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kardioprotektor tersebut termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan potasium.

5. Memperbaiki kondisi kulit dan rambut

Dua vitamin yang terkandung dalam semangka bertanggung jawab untuk ini. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen - protein yang membuat kulit mempertahankan elastisitas dan kekuatan rambut. Berkat vitamin A, kulit jadi aktif diperbarui dan pulih lebih cepat dari kerusakan.

Selain itu, mengkonsumsi  semangka juga mengurangi risiko terbakar sinar matahari.

Perlindungan matahari disediakan oleh karotenoid, seperti beta-karoten dan likopen. Namun, berhati-hatilah: ini tidak membuat semangka menjadi pengganti penuh untuk menahan sinar UV. Karotenoid hanya memperpanjang waktu kulit Anda dapat menahan sinar UV Sementara.

6. Melindungi Sendi Dari Arthritis

Pigmen alami beta-cryptoxanthin yang ditemukan dalam semangka melindungi sendi dari peradangan. 

Beberaparisetmenunjukkan bahwa penggunaan beta-cryptoxanthin dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan rheumatoid arthritis.

7. Meredakan nyeri otot setelah berolahraga

Efek seperti itu mengandung Citrulline adalah salah satu asam amino yang ditemukan dalam semangka. Ini juga membantu mengembalikan denyut nadi dengan cepat ke normal setelah aktivitas fisik.

8. Semangka dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda

Bahkan satu potong semangka akan memberi Anda dosis vitamin A yang layak, yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Likopen juga berperan: sebagai antioksi dan melindungi mata dari kerusakan dan, menurut beberapa laporan, memperlambat atau bahkan mencegah degenerasi makula terkait usia, masalah penglihatan umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang tua.

9. Ini akan meningkatkan pencernaan

Air dan serat yang ditemukan dalam semangka membantu mencegah sembelit dan diare. Selain itu, semangka mudah dicerna dan karena itu dianggap sebagai produk makanan.

Apa konsekuensi dari penyalahgunaan semangka?

Jika Anda makan semangka dalam jumlah yang wajar - tidak lebih dari 3-5 irisan sekaligus, maka Anda tidak akan menghadapi efek samping yang tidak menyenangkan. 

Tetapi jika Anda makan berlebihan, mungkin ada beberapa masalah. Ini tidak ditemukan pada semua orang, tetapi perlu diketahui tentang ini.

1. Mual, kembung, diare

Dosis likopen yang aman - hingga75 mg dalam sehari. Atau,istilah dariper berat daging buah semangka, sekitar 1 kg. 

Namun, untuk beberapa data dan 30 mg likopen menyebabkan gejala gangguan pencernaan - mual, diare, rasa ingin meledak di perut.

2. Hiperkalemia

Semangka memiliki banyak potasium - 112 mg untuk setiap 100 g daging buah. Mineral ini bermanfaat bagi orang sehat. 

Tetapi jika Anda menderita hiperkalemia atau tubuh Anda tidak dapat mengatur kadar kalium dalam darah, Anda harus berhati-hati dengan semangka. 

Kelebihan zat ini dapat membuat hingga mual, sesak napas, detak jantung tidak teratur dan kejang otot.

3. Kurang nutrisi

Masalah ini mengancam mereka yang memutuskan untuk melakukan diet semangka. Semangka kaya akan nutrisi. 

Namun, misalnya, mengandung sangat sedikit protein dan lemak. Beberapa vitamin dan mineral terpenting adalah sedikit - natrium, vitamin B12, K, folat, yang tanpanya fungsi normal tubuh tidak mungkin dilakukan.

Karena itu, dokter menyarankan untuk tidak menyalahgunakan saat berpuasa memakan "semangka" dan wajib: diet harus seimbang dan bervariasi. Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Buah Semangka

(yk/end)

Berita ini telah ditayangkan di BorneoTribun dengan Judul Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Buah Semangka, Link: https://www.borneotribun.com/2022/09/manfaat-bahaya-semangka.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini