Perbandingan Aplikasi Keuangan dan Investasi Berisiko Rendah di Tahun 2024

Perbandingan Aplikasi Keuangan dan Investasi Berisiko Rendah di Tahun 2024
Perbandingan Aplikasi Keuangan dan Investasi Berisiko Rendah di Tahun 2024. (Gambar ilustrasi)
BORNEOTRIBUN – Sebagian besar dari kita bertujuan untuk mendapatkan hasil keuangan yang lebih baik dan stabil di masa depan. Memilih aplikasi keuangan yang tepat sangat penting untuk membuat proses mencapai tujuan tersebut  lebih mudah dan tepat sasaran dengan aplikasi keuangan yang baik. 

Fitur Aplikasi Keuangan

Kini banyak aplikasi yang menawarkan fitur tabungan dan investasi yang disesuaikan dengan berbagai tujuan tertentu, seperti menabung untuk pernikahan, umrah, liburan, dan membeli rumah. Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus fokus pada tabungan dan investasi berisiko rendah seperti deposito bank digital,  dana pasar uang, dan reksa dana obligasi. Investasi berisiko tinggi seperti saham dan mata uang kripto  memerlukan analisis  lebih rinci dan tidak dibahas di sini.

Aplikasi keuangan harus memiliki beberapa fitur seperti perencanaan keuangan yang akurat, termasuk pelacakan pengeluaran dan penganggaran serta manajemen investasi. Secara khusus, penting untuk memilih aplikasi keuangan yang berfokus pada aspek tabungan dan investasi yang berisiko rendah sehingga Anda dapat secara bertahap membangun kekayaan  tanpa mengambil risiko  tinggi.

Dengan aplikasi keuangan yang tepat, Anda dapat lebih mudah memantau keuangan dan membuat keputusan pengelolaan uang yang lebih baik, sehingga pada akhirnya mendekatkan Anda pada tujuan keuangan yang diinginkan.

Aplikasi Keuangan yang Populer

Dalam artikel ini, akan membahas beberapa aplikasi keuangan dan investasi berisiko rendah yang populer dan telah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK. Contoh aplikasi ini adalah Bibit, Bareksa, Makmur dan sejumlah bank digital seperti Bank Jago (Banco de Levrij milik negara), Cbank Alobank dan BlueBy BCA.

Perbandingan Beberapa Aplikasi Keuangan di Tahun 2024

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia di pasar, penting untuk memahami fitur dan fungsionalitas setiap aplikasi untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

 Pada bagian ini, kita akan membahas dan membandingkan beberapa aplikasi keuangan terkemuka di tahun 2024.

Produk Investasi yang Menguntungkan

Sebelumnya kita akan menganalisis hasil produk investasi berisiko rendah untuk mengidentifikasi opsi investasi yang paling menguntungkan dalam aplikasi tertentu. Misalnya saja reksa dana pasar uang dan reksa dana obligasi.
Di dalam analisis, membuktikan bahwa aplikasi Makmur menghasilkan return tertinggi pada reksa dana pendapatan tetap, sedangkan Bareksa unggul pada reksa dana pasar uang.

Aplikasi Makmur memiliki rata-rata return yang lebih tinggi dibandingkan aplikasi lainnya, termasuk Bareksa, Bibit, dan Opportunity.

Makmur dikenal sangat selektif dalam memilih produk reksa dana, hanya menawarkan produk dengan kinerja terbaik. Hal ini memberikan pengguna keyakinan memilih reksa dana yang paling dapat diandalkan.

Sementara itu, deposito bank digital saat ini memiliki suku bunga yang kompetitif, namun biasanya merupakan bagian dari promosi dan tidak dapat dikurangkan dari pajak. Bunga deposito yang tinggi sering kali hanya bersifat sementara dan tidak selalu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Biaya Transaksi

Biaya transaksi merupakan faktor penting, terutama bagi pemula yang ingin menabung dalam jumlah kecil. Jika biaya transaksi tinggi, keuntungan atas investasi Anda mungkin berkurang. Beberapa aplikasi, seperti Makmur dan Peluang, tidak membebankan biaya transaksi. Namun, perlu diketahui bahwa Peluang ini hanya dikenakan biaya jika menggunakan rekening bank Permata.

Sebaliknya, Makmur hampir tidak memungut biaya transaksi dalam berbagai metode. Bibit dan Bareksa mengenakan biaya tergantung metode pembayaran yang Anda pilih. Bagi investor yang rutin menabung dalam jumlah kecil, memilih aplikasi dengan biaya transaksi rendah sangatlah penting.

Kelengkapan Produk

Demikian pula, kelengkapan produk memegang peranan penting. Bibit dan Bareksa menawarkan beragam produk investasi, antara lain reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana pendapatan tetap (RDPT), saham, dan reksa dana campuran.
Sementara itu,  Makmur lebih fokus pada reksa dana dan memiliki pilihan produk  yang ketat. Artinya menyediakan reksa dana dengan kinerja terbaik.

 Di sisi lain, bank digital biasanya hanya menawarkan penawaran tabungan dan deposito biasa  sehingga kurang lengkap dibandingkan aplikasi keuangan dan investasi seperti Bibit atau Bareksa.

Kemudahan Penarikan Dana 

Kemudahan penarikan dana menjadi faktor penting, terutama dalam situasi darurat. Deposito dari bank digital biasanya dikenakan denda penarikan, meskipun bank tersebut memungkinkan penarikan dana secara instan.
Aplikasi reksa dana juga memiliki aturan yang berbeda mengenai penarikan. Beberapa aplikasi, seperti Bibit dan Makmur, memungkinkan penarikan  instan untuk beberapa produk investasi, namun Peluang masih belum menawarkan penarikan instan sama sekali.
Jika  penting bagi Anda untuk menarik dana dengan cepat, disarankan untuk memilih aplikasi dengan fitur ini.

Promo-promo yang Menarik

Promosi yang ditawarkan  aplikasi juga bisa menjadi faktor penentu dalam memilih aplikasi yang tepat.

Bareksa memberikan cashback sebesar 0,1% dari nilai transaksi  pembelian SBN dengan maksimal cashback Rp 2,5 juta.

Bibit juga memberikan cashback untuk pembelian obligasi FR dengan diskon hingga Rp 45 juta dengan jumlah pembelian Rp 15 miliar.

 Sebagai pendatang baru, Makmur juga menawarkan bonus investasi sebesar 2% dari jumlah investasi baru, dengan  bonus maksimal Rp 40 juta.

Dengan promosi ini Anda bisa  mendapatkan lebih banyak keuntungan  dari investasi Anda.

Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan di atas,  peringkat aplikasi dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut:
  • Produk investasi: Makmur menawarkan return tertinggi di antara reksa dana pendapatan tetap, disusul Bareksa, Bibit, dan Peluang. 
  • Biaya transaksi: Fleksibilitas yang tinggi di bank digital seperti Makmur dan Bank Jago memungkinkan mereka terhindar dari biaya transaksi.
  • Kelengkapan Produk: Bibit dan Bareksa menyediakan produk investasi yang lebih lengkap, sedangkan Makmur berkonsentrasi pada reksa dana yang dipilih secara ketat.
  • Kemudahan Penarikan dana: Bibit, Bareksa, dan Makmur menawarkan penarikan instan. Namun Bibit menawarkan produk reksa dana dengan fitur penarikan  lebih instan.
  • Promo-Promo yang diberikan: Makmur menawarkan promo yang paling menarik dengan bonus investasi yang signifikan, diikuti oleh Bibit, Bareksa, dan Peluang.
Secara keseluruhan, Bibit merupakan aplikasi keuangan risiko rendah terpopuler dan terlengkap, sedangkan Makmur menawarkan pilihan produk reksa dana  dan banyak penawaran spesial.

 Meskipun Peluang menawarkan beragam jenis investasi, Peluang tidak ideal untuk tabungan berisiko rendah karena adanya produk berisiko tinggi dan kurangnya penarikan segera.